Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Terkadang kita membutuhkan media penyimpanan ekstra untuk mendukung berbagai pekerjaan, tugas kuliah, maupun hal lainnya. Hal itu memang bisa diberikan oleh hardisk eksternal. Namun menjadi suatu masalah jika hardisk eksternal kita sampai tidak terbaca.

Pastinya kamu semua akan panik jika mengalami kendala di atas. Apalagi jika di dalam hardisk tersebut tersimpan bermacam data-data penting. Pasti akan panjang urusannya jika kamu sampai harus kehilangan data-data tersebut.

Nah kali ini admin akan mengulas apa saja sih penyebab hardisk eksternal tidak terbaca. Tidak hanya itu, tentunya admin juga akan memberikan cara-cara untuk mengatasi problem tersebut. Jadi simak ulasan di bawah ini hingga selesai!

Apa Sih Penyebab Harddisk Eksternal Tidak Terbaca?

Perangkat keras yang satu ini memang memiliki peranan yang cukup penting, sehingga jika sampai tidak terbaca bisa menimbulkan problem serius. Namun tentunya hal itu tidak begitu saja terjadi tanpa ada penyebabnya. Berikut ini berbagai penyebab yang mungkin terjadi:

1. Problem Pada Windows

Jika hardisk eksternal tidak terbaca, maka kamu bisa cek pada Windows milikmu. Bisa jadi ada pengaturan sistem yang keliru. Dimana hal ini mengakibatkan Windows Explorer tidak bisa membaca atau mengenali hardisk yang kamu sambungkan.

2. Problem Pada Kabel USB

Untuk menyambungkan hardisk eksternal ke PC atau laptop tentunya membutuhkan bantuan kabel USB. Nah bisa jadi ada problem pada kabel USB, sehingga hardisk tidak bisa tersambung secara sempurna.

3. Problem Pada Casing Hardisk

Casing hardisk terkadang bisa membawa masalah tersendiri jika kualitasnya kurang baik. Contohnya saja jika port SATA dengan converter ke USB pada casing sudah longgar. Pastinya hal tersebut bisa mengakibatkan hardisk jadi tidak terbaca pada sistem komputer.

4. Terjatuh

Perangkat keras yang satu ini memang terbilang cukup rentan akan guncangan. Jadi ingat-ingat kembali, apakah hardisk milikmu pernah terjatuh? Karena hal itu mengakibatkan drive menjadi bad sector, yang berujung hardisk tidak bisa terdeteksi.

5. Umur Hardisk

Hardisk, seperti halnya perangkat keras yang lain, tentunya memiliki umur pemakaian. Jika hardisk milikmu memang sudah berumur cukup lama, maka akan rentan terhadap berbagai macam problem,salah satunya hardisk tidak bisa terbaca.

Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Setelah mengetahui berbagai macam kemungkinan penyebab hardisk tidak bisa terbaca, sekarang kita mulai mengulik beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

1. Pindah Port USB

Solusi Hardisk Tidak Terbaca dengan Pindah Port USB

Cara simpel yang bisa dilakukan pertama kali yaitu dengan memindah port USB. Menurut situs teknologi terpercaya Thelastsurvivors, alasannya karena bisa saja problemnya ada pada port USB, seperti yang telah kita bahas pada penyebab di atas. Dari beberapa port USB yang ada, cobalah satu persatu hingga hardisk bisa terbaca.

Setiap port USB memiliki penghantaran daya yang berbeda. Misalnya saja port pada belakang motherboard komputer lebih bagus dibandingkan port pada bagian casing . Jadi cobalah untuk memindahnya, siapa tahu problemnya hanya pada port USB saja.

2. Nonaktifkan USB Selective

Cara berikutnya, kamu bisa nonaktifkan sementara USB Selective, sebuah fitur yang berfungsi untuk mengatur input daya dalam keadaan rendah ketika tidak dipakai. Mungkin saja inilah yang membuat penghantaran daya harddisk external tidak berfungsi semestinya.

Untuk langkahnya adalah sebagai berikut ini:

Langkah 1: Carilah menu Power Plan di menu pencarian Windows.

Langkah 2: Kemudian klik Advanced Power Settings.

Langkah 3: Pilih USB Settings.

Langkah 4: Pilih menu USB Selective.

Langkah 5: Atur pengaturannya ke Disabled.

Atur pengaturannya ke Disabled

Langkah 6: Simpan pengaturan yang kamu buat.

Langkah 7: Restart dulu komputer atau laptop kamu.

3. Ganti Kabel USB

Ganti Kabel USB

Jika masih belum berhasil, coba kamu cek pada bagian kabel USB. Mungkin saja disinilah penyebabnya. Cobalah untuk mengganti kabel USB bawaan hardisk kamu dengan kabel USB lain. Jika memang masalahnya pada kabel USB, berarti sudah waktunya kamu membeli kabel USB yang baru.

4. Ganti Casing Hardisk

Ganti Casing Hardisk

Dari pembahasan di atas kamu sudah mengerti bahwa casing hardisk punya kemungkinan peranan dari tidak terbacanya hardisk milikmu. Port SATA yang mungkin sudah kendor, bisa jadi adalah penyebabnya. Jadi tidak ada salahnya untuk coba mengganti casing hardisk milikmu.

5. Install Ulang Driver Hardisk

Jika cara sederhana di atas belum berhasil, kemungkinan selanjutnya bisa dari driver hardisk. Driver tentunya sangat diperlukan untuk bisa mengenali perangkat keras yang coba kamu sambungkan ke komputer. Karena itu, cobalah untuk reinstall driver hardisk kamu:

Langkah #1 Carilah menu Device Manager.

Langkah #2 Cari driver bernama USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device.

Langkah #3 Klik kanan Device tersebut.

Langkah #4 Klik Update Driver Software.

Langkah #5 Klik Browse My Computer For Driver Software.

Langkah #6 Selanjutnya klik Let Me Pick From A List Of Device Drivers On My Computer.

Catatan: Pastikan kamu mempunyai file drivernya di komputer ya.

Langkah #7 Pastikan Show Compatible Hardware hanya tercentang pada USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device.

Langkah #8 Klik Next.

Langkah #9 Install sampai selesai.

Langkah #10 Restart komputer atau laptop kamu.

Langkah #11 Coba sambungkan ulang hardisk.

6. Atur Setting Disk Management

Untuk cara berikutnya kamu bisa coba untuk atur setting pada Disk Management. Karena bisa jadi ada problem pada drive, dan hanya terdeteksi pada Disk Management. Untuk caranya kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Carilah menu Disk Management.
  • Klik kanan pada drive harddisk eksternalnya
  • Klik Delete Volume. ( Jika hardisk external kamu terdeteksi unallocated space maka kamu tidak perlu klik Delete Volume).
  • Klik kanan drive hasil Format.
  • Lalu klik New Simple Volume.
Atur Setting Disk Management
  • Ikuti petunjuknya sampai selesai. Untuk format drive nantinya kamu pilih saja FAT32

Untuk cara ini, data-data yang tersimpan pada hardisk tentunya akan hilang, Jadi pertimbangkan dengan baik ya!

Baca Juga : Cara Mematikan Antivirus Windows 10

7. Ganti Letter Pada Harddisk

Ada cara sederhana lagi yang bisa coba kamu terapkan. Yaitu dengan mengganti letter pada hardisk milikmu. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Carilah menu Disk Management.
  2. Pilih drive harddisk eksternal.
  3. Lalu klik Change Drive Letter And Path.
  4. Setelah itu klik Add atau Change untuk menambahkan Letter.
  5. Ikuti petunjuk yang diberikan sampai selesai

8. Coba Lakukan Low Level Format

Fungsi dari low level format adalah untuk membersihkan data-data harddisk sampai benar-benar 100% bersih. Semua file yang tidak terlihat, termasuk pengaturan harddisk yang kita buat akan terhapus juga. Langkahnya adalah berikut ini:

  • Yang pertama kamu download terlebih dahulu Aplikasi Low Level Format
  • Install dan buka Aplikasinya
  • Silakan pilih harddisk eksternal yang terdapat pada daftarnya
  • Kemudian klik Continue untuk memulai Format
  • Tunggu hingga proses format selesai. Lamanya tentu bergantung dari seberapa banyak data yang ada pada hardiskmu.

Nah itu tadi ulasan mengenai penyebab dan juga cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca. Silahkan kamu praktekkan sendiri, semoga bermanfaat!

About the Author: Mandira

Halo saya dira, saya suka sekali tekonologi yang memudahkan kehidupan sehari-hari, karena saya hobi menulis jadi saya mencoba menuliskan pengalaman saya disini. Enjoy...